Senin, 25 Mei 2009

Setting IP di Linux

Untuk melakukan setting IP Address pada Sistem Operasi Linux RedHat 9 , terdapat 2 (dua) cara, yaitu melalui mode graphic dan mode text. Mode graphic memudahkan pengguna untuk melakukan pen-setting-an ini karena pengguna akan dihadapkan langsung pada jendela-jendela dialog pada layar monitor sehingga user dapat langsung mengisi atau melakukan pen-setting-an. Sedangkan pada mode text, user harus mengetikkan perintah-perintah yang bersangkutan dengan hal yang ingin dilakukan.

Oleh karena itu, mengingat pengaturan melalui mode text lebih sulit daripada mode graphic, maka saya hanya akan membahas pen-setting-an IP Address melalui mode text.

Untuk melakukannya ketik perintah berikut dan tentunya Anda login pada mode text:


# vi /etc/sysconfig/networking/devices/ifcfg-eth0

Perintah di atas adalah perintah untuk mengedit settingan pada Ethernet card no.1.

Apabila pada PC terdapat 2 atau lebih Ethernet card dan yang digunakan adalah Ethernet card no.2, maka kata ‘eth0’ diganti dengan no. urut Ethernet card yang dipakai, misalnya ‘eth1’ untuk no.2, ‘eth2’ untuk no.3, dan seterusnya. Setelah itu Anda akan dihadapkan pada isian-isian yang perlu Anda isi.

Setelah selesai, settingan tersebut tidak akan diaktifkan hingga PC direstart, maka untuk mengaktifkannya harus merestart PC terlebih dahulu atau menggunakan perintah:

# etc/init.d/network restart

Perintah di atas berfungsi untuk mengaktifkan setting yang Anda buat tanpa harus merestart PC