Selasa, 28 April 2009

Jaga Kesehatan Anda

Olahraga
Olahraga dan fitness training tidak hanya untuk bodybuilder seperti Ade Rai, tapi untuk semua orang yang ingin
bugar. Seorang professional muda, Astrid Lewarissa yang ikut jadi tamu, menjaga kebugarannya dengan melakukan olahraga renang dan jogging, bagus untuk melatih otot jantung. Tapi kadang dalam melaksanakannya ia suka terbentur dengan waktu. Belum lagi kalau hujan tidak bisa renang, karena rata-rata kolam renang Jakarta itu outdoor. Untuk menggantikan itu, banyak fitness center di Jakarta yang dilengkapi dengan alat-alat berupa mesin untuk melatih otot-otot kita sekaligus membakar lemak. Otot juga berfungsi untuk membakar lemak. Ini mudah terukur. Dengan alat pengukur lemak, seseorang jadi tahu berapa kadar lemaknya. Menurut Ade Rai kadar lemak dibawah 10% sudah bagus, termasuk kelas body fitness, diantara 10-30% normal dan diatas 30% kelebihan kadar lemak.

Frekwensi olahraga yang dianjurkan, 3x dalam seminggu antara 1-1/2 jam . Jangan kebanyakan, nanti karena kondisi tubuh akan jadi lelah. Jadi baiknya sekarang kita mulai memikirkan untuk bisa meluangkan waktu ± 3
jam selama seminggu untuk olahraga agar tubuh tetap bugar & sehat karena kesehatan itu barang mahal.


Pola makan
tergantung pada kebutuhan dasar gizi yang diperlukan. Seseorang tidak dianjurkan diet untuk mencari tubuh ideal, tapi lebih kepada mengatur pola makan dengan memperhatikan gizi, bukan mengurangi volume. Biasanya Astrid sarapan dengan 4 potong roti itu bagus, tapi sebaiknya menggunakan roti gandum yang lebih banyak serat dan selai non gula. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dan ini terdapat pada semua jenis sayuran. Banyak orang yang tidak tahu bahwa brokoli itu adalah sayur yang bagus karena sama sekali tidak mengandung kalori, hanya serat. Sangat bagus untuk orang gemuk yang concerned mengenai jumlah masukan kalori. Brokoli bisa dikombinasikan dengan steak atau dada ayam (enak juga!), dan kombinasi sayuran + protein ini menggantikan karbohidrat yang populer dikonsumsi oleh orang di malam hari.

Makanan suplemen tambahan untuk bodybuilder kebanyakan diimport dari luar negeri, makanya mahal. Tapi di negara maju, suplemen lebih murah dari makanan sehari-hari.