Kamis, 26 Maret 2009

Jagalah Kesehatan Komputer Mu!!!

tukang-pc1

Seperti juga manusia, komputer juga perlu dijaga kesehatannya, baik secara hardware maupun software, agar kegiatan atau aktifitas komputasi kita menjadi lancar, aman dan nyaman. Tiap hari kita beraktifitas menggunakan komputer, seperti mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan surfing, chatting, blogging dan facebook dari pagi ke pagi, dan sebagainya. Lama kelamaan jika tidak dijaga kesehatannya, kinerja komputer kita menjadi semakin menurun, sering hang dan menimbulkan pesan error yang aneh-aneh.

Secara hardware kinerja komputer kita dapat dioptimalkan dengan cara melakukan sedikit aktifitas sebagai berikut:

1. Bersihkan harddisk yang sangat rentan terhadap gangguan listrik yang tiba-tiba mati atau tegangannya tidak stabil (naik turun), dan untuk mengatasinya gunakan UPS atau stabilizer untuk menghindarkan terjadinya kerusakan harddisk kita.

2. Lakukan defragmenter terhadap harddisk secara berkala agar harddisk tetap fresh dengan cara sebagai berikut:

§ Klik Start kemudian pilih Program

§ Pilih Accessories kemudian pilih System tools

§ Pilih Defragmenter

§ Beri tanda centang pada pilihan drive yang akan di defragment.

§ Klik defragment
3.Luangkan waktu paling tidak 3 atau 4 bulan sekali untuk membersihkan semua komponen yang ada didalam CPU (terutama fan prosesor) dengan sikat yang lembut/ halus.
4.Jika kita menggunakan speaker, jangan terlalu dekat dengan monitor, karena hal ini akan mengganggu atau merusak warna monitor kita akibat adanya medan magnit.
5.Jika masih ada tempat untuk memasang fan, tambahkan fan agar suhu dalam CPU tetap terjaga.

Secara software kinerja komputer kita dapat dioptimalkan dengan cara sebagai berikut:
1.Bersihkan recycle Bin, Temporary file/folder dan cookies, karena akan berpengaruh terhadap kecepatan loading akses data pada computer kita.
2.Update anti virus secara berkala.
3.Kita sering menghiasi monitor kita dengan foto atau icon-icon yang tidak perlu, padahal ini akan mengurangi kapasitas memori (RAM) pada komputer kita. Oleh karena itu kurangi atau hapus icon-icon pada monitor/ desktop kita, agar kecepatan akses computer kita menjadi maksimal.